Rabu, 21 Januari 2015

Pembuatan Video Menggunakan Movie Maker


      Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pembuatan video menggunakan aplikasi MOVIE MAKER. Dengan menggunakan apikasi tersebut kita akan membuat video sederhana dengan cara yang mudah. Kita akan membuat video dengan menggunakan foto-foto dan juga di gabungkan dengan musik dan kita juga akan sedikit mengatur waktu-waktu tampilan dari foto-foto tersebut. Dan inilah cara membuat video menggunakan MOVIE MAKER.


Pertama kita buka MOVIE MAKER dan kemudian kita masukkan foto-foto yang ingin kita jadikan video. Kita pilih Add photos and videos kemudian kita pilih foto yang ingin kita masukkan dan kemudian open.


    Setelah kita Open maka akan muncul foto-foto yang kita masukkan pada bagian kanan MOVIE MAKER. Disini kita akan mengedit waktu tampilan per foto dengan waktu 5,00 atau 5 detik setiap fotonya.


    Selanjutnya kita akan memasukkan animasi pada foto-foto tersebut dengan cara pergi ke tab Animations. Pada sebelah kiri atas adalah animasi untuk merubah animasi saat foto-foto berganti dan pada sebelah kanan atas adalah animasi untuk menambahkan efek-efek pada foto-foto yang kita masukkan. Kita masukkan setiap animasi pada foto-foto tersebut dengan animasi yang berbeda pada setiap foto.


    Setelah kita masukkan animasi pada setiap fotonya maka akan ada sebuah tanda pada list foto yang terdapat di kanan. Di atas tampilan ada Duration yaitu untuk mengatur waktu tampilan animasinya. Disini saya tidak mengubah waktu durasi nya dan terisi otomatis yaitu 1,50 atau 1,50 detik.


    Selanjutnya kita akan menambahkan musik pada video yang akan kita buat. Kita kembali ke tab Home kemudia kita pilih Add music dan pilih musik yang akan kita masukkan. Di sini saya memasukkan musik Bang Jali lalu kita klik Open untuk mamasukkan musik tersebut.


    Setelah kita masukkan musiknya makan akan muncul sebuah kotak di bawag foto-foto yang kita masukkan. Menandakan bahwa itu ada sebuah musik ada di dalam video yang akan kita buat. Untuk mengedit musik sudah ada pada postingan sebelumnya dan bisa dilihat di http://aldhisw.blogspot.com/2014/11/tutorial-windows-movie-maker.html



    Kemudian kita simpan video yang telah kita buat dengan cara mengklik Save Movie pada bagian kanan atas. Kemudian kita pilih format save yang kita inginkan dan disini saya memilih Windows 7 (720p)



    Sekarang kita pilih tempat menyimpan videonya. Disini saya simpan di documen C:/Users/Aldhi/My Pictures lalu pilih Save



    Kita tunggu sampai proses selesai.



    Setelah selesai akan ada pilihan
    • Play untuk membuka video.
    • Open Folder untuk membuka folder tempat penyimpanan video.
    • Close untuk menutup pilihan.




    Inilah tutorial pembuatan video sederhana menggunakan aplikasi MOVIE MAKER. Jika dalam tutorial pembuatan video ini saya masih banyak kekurangan mohon di berikan saran atau kritik. Terimakasih J

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar