Sabtu, 26 November 2016

REVIEW JURNAL BISNIS INFORMATIKA



Judul Jurnal : ANALISIS INTENSITAS METODE PENDETEKSIAN TEPI SOBEL
Nama Penulis jurnal : ERICK WIJAYA

Berikut ini adalah ringkasan dari jurnal

Abstraksi Jurnal
Metode pendeteksian tepi Sobel adalah metode pendeteksian tepi terbaik dibandingkan dengan metode pendeteksian tepi lainnya seperti metode Prewitt dan metode Robert. Jika pada metode Robert atau Prewitt hanya menggunakan jendela 2x2 pada maskingnya, maka pada metode Sobel menggunakan jendela 3x3 pada maskingnya sehingga hasil yang di dapat menjadi lebih sempurna dari metode-metode pendeteksian tepi yang lainnya. Bagaimana jika masking pada sobel ini kita kalikan dengan suatu nilai (0-255) sehingga kita dapat mengubah kekuatan intensitas pendeteksian tepi pada metode sobel agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Pendahuluan Jurnal

Pendeteksian tepi (edge detection) adalah pendekatan yang paling umum digunakan untuk mendeteksi diskontinuitas grey-level. Hal ini disebabkan karena titik ataupun garis yang terisolasi tidak terlalu sering dijumpai dalam aplikasi praktis. Sampai sejauh mana segmentasi tersebut dilakukan tergantung pada masalah yang dihadapi. Idealnya, langkah segmentasi tersebut dihentikan pada saat objek yang diinginkan sudah berhasil dipisahkan. Metode pendeteksian tepi Sobel adalah metode pendeteksian tepi terbaik dibandingkan dgn metode pendeteksian tepi lainnya seperti metode Prewitt dan metode Robert.

Identifikasi Masalah Jurnal

Persoalan yang dihadapi adalah bagaimana mengalikan masking yang digunakan oleh metode pendeteksian tepi sobel sehingga kita dapat mengubah nilai intensitas pendeteksian tepi yang dilakukan dan mendapatkan hasil pendeteksian tepi yang terbaik berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh dan mengeluarkan nilai-nilai penting yang diperlukan untuk perbandingan (MSE dan PSNR).

Tujuan Jurnal

Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh suatu metode pendeteksian tepi yang dapat diatur kekuatan intensitas pendeteksian tepinya sesuai dengan yang kita inginkan

Landasan Teori Jurnal

Ada beberapa metode pendeteksian tepi yang terkenal dan banyak digunakan, diantaranya adalah metode Robert, Prewitt, Sobel, dan Gonzales. Tapi di sini kita hanya akan membahas metode sobel saja karena operator sobel adalah operator yang banyak digunakan sebagai pendeteksian tepi karena kesederhanaan dan keampuhannya serta juga digunakan dalam penulisan tugas akhir ini.

Implementasi Jurnal

Masukan (input) dari program aplikasi yang dibuat adalah berupa file citra berukuran 400x300 (4:3) piksel agar lebih optimal. Program apliksi yang dibuat ini juga dapat menerima masukan (input) berupa file citra dengan ukuran piksel yang lebih besar, hanya saja waktu proses yang dibutuhkan akan semakin lama. Gambar berikut memperlihatkan tampilan program ketika menampilkan file citra warning.bmp yang baru saja di input kan atau di load ke dalam program.

Kesimpulan Jurnal

Dari hasil implementasi dan pengujian program yang telah dibuat, kesimpulan yang didapat antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Nilai PSNR yang diperoleh sangat tergantung sekali pada file citra yang digunakan begitu juga nilai MSE nya.
  2. Semakin gelap (hitam) citra yang digunakan, maka nilai PSNR yang diperoleh juga akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, semakin terang (putih) citra yang digunakan, maka nilai PSNR yang diperoleh relatif kecil.
  3. Pada file citra yang cenderung gelap (hitam), kisaran nilai intensitas pun cenderung kecil dan berbanding terbalik dengan nilai PSNR yang diperoleh. berlaku sebaliknya untuk file citra yang cenderung terang.


Jurnal sudah sangat baik dan jelas karena penjelasan yang diberikan disajikan dengan banyak metode - metode sehingga pembaca dapat mengerti apa maksud dan tujuan dari sipenulis atau pembuat jurnal tersebut. Isi jurnal juga disajikan dengan berbagai macam gambar, tabel dan skema sehingga membuat pembaca semakin memahami isi dari materi yang dijelaskan.
Adapun kekurangan dalam penulisan jurnal tersebut setelah saya membacanya yaitu:
  1. Penulis kurang detail menjelaskan alasan tidak dipilihnya metode prewitt, robert, gonzales dalam analisis intesitas metode pendeteksia tepi.
  2. Penulis kurang menjelaskan kekurangan metode-metode tersebut.
  3. Penulis kurang menjelaskan tentang metode sobel yang merupakan pengembangan dari metode robert.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar